Tes PCR untuk Ikan, Kepiting dan Ayam di China

Kembali dunia di gegerkan dengan kasus Covid di China, bukan karena kenaikan kasus covid 19 melainkan uji tes covid yang tak lazim. Lebih dari 5 juta orang dibagian pesisir Kota Xiamen diwajibkan untuk mengikuti tes PCR, anehnya tes tersebut bukan hanya diterapkan pada manusia saja, tapi juga kepada hewan seperti ikan laut, kepiting, kerang, ikan dugong dan masih banyak lagi.

Komite Pengendalian Pandemi Maritim di Distrik Jimei, Xiamen dalam konferensi pers mereka mengatakan bahwa para nelayan sekembalinya dari menjaring ikan diharuskan menjalani tes uji covid untuk tangkapan mereka.

Dalam video tiktok yang viral terlihat sebuah rekaman video dimana petugas melakukan tes PCR covid 19 kepada ikan-ikan dan kepiting yang masih hidup.

Tes covid kepada binatang ini bukanlah pertama kalinya di China, pada bulan Mei lalu beredar sebuah video bagaimana seekor kuda nil sedang menjalani tes PCR di taman margasatwa Huzhou, Zhejiang timur, kuda nil tersebut rutin dilakukan tes covid selama 2 kali dalam seminggu.

Masih tak kalah anehnya, dalam dokumentasi video juga memperlihatkan hewan Panda, anjing, kucing sampai ayam juga menjalani tes PCR. Apa yang melatarbelakangi Pemerintah China melakukan tes PCR kepada hewan-hewan ini?

Sebenarnya pemerintah China hanya ingin memastikan keselamatan hewan, turis dan pengunjung ke tempat yang dihuni hewan-hewan tersebut. Sedangkan untuk binatang laut sebenarnya binatang itu kecil kemungkinan menjadi inang virus corona. Namun ujia tes lebih dikatikan dengan para pekerja pelabuhan, termasuk petugas yang menangani barang rantai dingin dan para pekerja di pasar khusus binatang laut.

Sebab di tahun 2020 lalu, kasus Covid sempat menaik dan memicu kepanikan warga karena isu yang beredar gara-gara mengkonsumsi ikan salmon. Setelah dilakukan pengujian ternyata memang benar covid 19 terdeteksi pada talenan untuk memotong salmon impor, hal tersebut membuat restoran dan supermarket menarik salmon dari tempat penyimpanan es mereka, bahkan sampai membuat Pemerintah China menghentikan impor salmon.